Ilustrasi by freepik

Esaunggul.ac.id, Perkembangan internet yang semakin maju hingga saat ini, kegiatan masyarakat sudah banyak yang menggunakan internet menjadi salah satu aktivitas utamanya dalam kehidupan sehari-hari, tak terkecuali dalam dunia bisnis.

Aktivitas bisnis yang secara langsung maupun tidak langsung dengan menggunakan dan memanfaatkan teknologi internet sebagai salah satu media berkomunikasi dan transaksi. 

Definisi e-business menurut O’brien, 2003 yaitu penggunaan internet , jaringan dan teknologi informasi lainnya dalam mendukung perdagangan elektronik, komunikasi dan kolaborasi perusahaan, serta proses bisnis dalam basis website, baik di dalam perusahaan internetwork, dengan pelanggan dan mitra bisnisnya.

Ada beberapa dampak positif dan negatif e-business yang dikemukakan oleh Harisno & Pujadi, 2009, yaitu: Meningkatkan Aliran Pendapatan (Revenue Stream), Meningkatkan Pangsa Pasar (Market Exposure), Menurunkan Biaya Operasional (Operation Cost), Jangkauan Lebih Meluas (Global Reach), Meningkatkan Customer Loyalty, menigkatnya Supplier Management, Mempersingkat waktu produksi dan Meningkatkan value chain.

Dampak negatif yang ditimbulkan yaitu: Kehilangan segi finansial secara langsung bisa saja seperti kecurangan, Pencurian informasi rahasia perusahaan, Keamanan yang kapanpun dapat diretas, Kehilangan kepercayaan dari para konsumen, Kerugian yang tidak terduga seperti ketidakjujuran, kesalahan faktor manusia atau kesalahan sistem elektronik.